Sunday, 11 October 2015

Inilah kebiasaan penyebab diabetes

Tags

Penyebab diabetes – Diabetes bukanlah penyakit menular, penyakit ini disebabkan karena pola hidup yang buruk. Penyakit diabetes cukup sulit disembuhkan dan bahkan bisa memicu penyakit berbahaya lainnya. Seringkali orang tidak mengetahui mengapa ia menderita diabetes. Nah kali ini kita akan bahas mengenai apa saja penyebab diabetes?
ciri ciri diabetes

penyebab diabetes. Foto : maduhitam(dot)com
1. Banyak mengonsumsi teh manis
Teh merupakan minuman yang sehat, tetapi bila menggunakan gula yang cukup banyak dapat menimbulkan diabetes. Banyak sumber glukosa yang sering kita konsumsi seperti dari nasi dan lauk pauk, bila anda menambahnya lagi hingga beberapa gelas teh manis dan pekat maka akan terjadi penumpukan gula darah di dalam tubuh anda. Sebaiknya kita tidak mengonsumsi gula lebih dari 2 sendok teh perhari.
2. Suka ngemil
Kebiasaan ngemil memang enak, apalagi saat nonton film yang sedang booming. Biasanya makanan yang dijadikan cemilan berasa manis, walaupun jumlahnya sedikit tetapi karena dimakan berkali – kali maka tanpa terasa kita sudah menghabiskan banyak cemilan.kandungan cemikan cukup banyak karbohidrat dan gulanya. Solusinya gantilah cemilan dengan buah – buahan segar.
3. Sering begadang
Begadang boleh saja asal tidak setiap hari dan tidak terlampau lama waktu bedadang karena aktivitas begadang memicu banyak makan di malam hari. Selain itu proses metabolisme akan terganggu dan membuat karbohidrat sulit diolah menjadi energi dan akan berdampak pada meningkatnya gula darah. Waktu tidur normal orang dewasa sekitar 6 jam perhari saja.
4. Kurang aktivitas fisik
Saat ini semakin banyak saja penderita diabetes dan akan terus terjadi peningkatan yang disebabkan karena masyarakat lebih senang menggunakan kendaraan saat bepergian dibandingkan berjalan kaki atau naik sepeda. Kurang aktivitas menyebabkan glukosa tidak diolah oleh tubuh karena tidak dibutuhkan.
5. Terlampau sering stres
Stres bisa diakibatkan karena faktor dari tempat kerja ataupun kehidupan di rumah tangga. Jika seseorang mengalami stres maka tubuh akan memproduksi hormon epinephrine dan kortisolyang berperan dalam meningkatkan gula darah adar ada cadangan energi saat beraktivitas. Jika seseorang terlalu sering stres maka akan terjadi peningkatan gula darah secara terus – menerus dan berdampak pada penyakit diabetes.
6. Suka merokok
Ada sebuah penelitian yang dilakukan di amerika bahwa perokok aktif memiliki resiko untuk terkena diabetes hingga 22 persen dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk tidak merokok.
7. Menggunakan pil kontrasepsi
Pil kontrasepsi banyak digunakan untuk mencegah kehamilan, tetapi pil tersebut dibuat dari kombinasi antara hormon estrogen dan progestron. Penggunaan pil kontrasepsi mengakibatkan terjadinya perubahan kadar gula darah. Cara kerja hormon yang ada pada pil kontrasepsi berlawanan dengan kerja hormon insulin sehingga pankreas dipaksa bekerja lebih kerasa lagi agar memproduksi insulin. Jika sudah terjadi demikian maka pankreas akan meniadi lelah dan tidak dapat bekerja dengan baik.
8. Banyak mengonsumsi minuman bersoda
Hasil penelitian membuktikan bahwa terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan membuat gula darah tinggi. Penyebabnya karena kandungan pemanis yang terdapat didalamnya dan membuat kita merasa kenyang dan membuat ketagihan untuk meminumnya lagi.
Demikianlah 8 penyebab diabetes yang sering tidak disadari oleh kita. Sebarkan informasi ini agar orang disekitar kita terhindar dari diabetes.
Baca juga :