Berlangganan

Dampak buruk jika penderita diabetes tidak dirawat dengan benar

Dampak buruk diabetes – Cara mengobati diabetes yang dilakukan penderita ialah mengonsumsi obat, rutin mengecek kadar gula darah maupun menyuntikkan insulin ke dalam tubuhnya. Cara tersebut bila dilakukan secara rutin akan membantu mengontrol penyakit diabetes penderita dan mencegahnya terhadap komplikasi yang bisa saja muncul 5 tahun kedepan jika tidak ditangani dengan serius, hingga saat ini tidak ada yang benar – benar sembuh dari diabetes tetapi hanya dapat mencegah agar diabetesnya tidak menjadi lebih parah. Jika anda memiliki keluarga yang mengalami diabetes maka rawatlah dengan baik agar tidak terjadi hal – hal berikut ini :
dampak penyakit diabetes
1. Peningkatan kolesterol dan tekanan darah
Penderita yang terkena diabetes tipe 1 maupun tipe 2 dapat menyebabkan resistensi terhadap insulin menurun dan berdampak pada penyempitan arteri sehingga tekanan darah meningkat. Komplikasi akan terjadi lebih cepat bila penderita diabetes tidak mengontrol tekanan darah dan kolesterolnya.
2. Penglihatan kabur perlahan
Sudah sangat banyak sekali penderita diabetes yang mengalami kerusakan pada jaringan mata yang diakibatkan oleh tingginya gula dareah yang masuk pada sel darah yang menuju ke mata. Masalah ini akan terjadi pada penderita diabetes yang sudah sangat lama sekali hingga bertahun – tahun.
Kerusakan pada jaringan mata biasa disebut retinopati.
3. Mengalami gagal ginjal
Seorang penderita diabetes bila gula di dalam darahnya sudah sangat tinggi maka darah akan mengental dan membuat sel nefron di dalam ginjal mengalami kerusakan. dampak dari kerusakan nefron adalah protein akan keluar bersama dengan urine. Masalah ini biasanya dialami oleh penderita diabetes tipe 2.
4. Masalah pada saraf
Masalah kerusakan pada saraf dapat dideteksi dari rasa kesemutan pada area tangan maupun kaki dan lama – kelamaan dapat menjadi rasa sakit. Kerusakan saraf disebabkan karena menumpuknya gula di dalam darah yang melewati sel saraf.
5. Amputasi kaki
Terlalu banyak gula darah terutama yang menumpuk pada area kaki dapat menyebabkan masalah mulai dari mati rasa, luka hingga akhirnya aliran darah menjadi tidak lancar, langkah yang harus diambil pada kondisi adalah mengamputasi kaki penderita diabetes.
6. Mengalami serangan jantung
Seorang penderita diabetes dapat beresiko mengalami serangan jantung hingga 2 kali lipat, dan mekungkinan terkena stroke menjadi 4 kali lipat sehingga ia juga dapat menjadi cacak seumur hidupnya.
7. Umur menjadi pendek
Banyak studi yang membuktikan bahwa penderita diabetes tipe 1 maupun tipe 2 akan memiliki umur lebih pendek dibandingkan bila ia tidak menderita penyakit diabetes.
Demikianlah dampak penyakit diabetes yang bisa terjadi pada keluarga kita bila tidak diberikan perawatan yang benar.
Baca juga :

Foto : sjeyeassociates(dot)com