Saturday, 24 October 2015

Hal-Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Hormon Pada Tumbuhan

Tags

Seperti halnya manusia dan bahkan juga hewan, tumbuhan juga mempunyai hormon di dalamnya. Jenis hormon pada tumbuhan ada beraneka ragam. Tentu saja, setiap jenis hormon yang bisa ditemukan pada tumbuhan juga mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Jika mungkin banyak dari kita yang sudah cukup familiar dengan jenis dan fungsi dari macam-macam hormon yang ada dalam tubuh manusia, ada baiknya jika kit juga mengetahui sedikit mengenai jenis dan juga fungsi dari hormon yang terdapat dalam tumbuhan. Berikut informasi tentang macam-macam hormon tumbuhan yang akan disuguhkan kepada Anda sesuai dengan urutan abjad.

hormon pada tumbuhan

hormon pada tumbuhan. Foto : pasarpupukorganik.blogspot(dot)com

Asam Absisat (ABA)

Hormon pada tumbuhan yang pertama dikenal dengan sebutan Asam Absisat yang juga biasa disingkat dengan sebutan ABA. Jika dilihat dari fungsinya, dapat dikatakan bahwa hormon ini mempunyai peran yang cukup penting dalam mempertahankan hidup tumbuhan terutama saat dalam kondisi di bawah tekanan lingkungan. Proses dimana hormon ini berperan adalah proses gugurnya daun ataupun proses penuaan tumbuhan.

Asam Traumalin

Asam Traumalin berkerja saat tumbuhan mengalami trauma berupa kerusakan jaringan. Sangat jelas bahwa jenis hormon yang satu ini membantu tumbuhan untuk bisa meregenerasi sel di jaringan yang rusak sehingga bisa kembali seperti semula walaupun mungkin tidak sempurna.

Gas Etiles

Walaupun namanya adalah Gas Etiles, ini merupakan jenis hormon lain yang bisa ditemukan di dalam tumbuhan. Fungsinya tidak hanya bisa dilihat saat tumbuhan mengalami kerontokan daun melainkan juga dalam proses pematangan buah. Hormon yang satu ini memang sebenarnya lebih banyak ditemukan pada tumbuhan yang mempunyai buah.

Kalin

Hormon yang berikutnya disebut dengan nama Kalin. Fungsi utama dari hormon ini terdapat dalam proses organogenesis yang bisa dijelaskan secara singkat sebagai proses pembentukan yang terjadi dalam tanaman. Tidak seperti hormon lain, Kalin mempunyai 4 jenis yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula, yaitu: Antokalin untuk pembentukan bunga, Filokalin untuk pembentukan daun, Kaulokalin untuk pembentukan batang, dan juga Rizokalin untuk pembentukan akar.

Hormon Auksin

Hormon Auksin dihasilkan pada bagian tumbuhan tertentu, yaitu pucuk daun atau koleoptil. Fungsi utama dari hormon ini adalah untuk memacu proses pemanjangan sel pada tanaman.

Hormon Giberelin

Hormon yang satu ini bisa dikatakan berhubungan dengan hormon Auksin karena fungsi utamanya juga berhubungan dengan pertumbuhan tanaman. Selain itu, hormon ini juga berperan penting dalam perkembangan embrio dan juga pembentukan beberapa bagian penting tanaman, seperti bunga, buah, biji, enzim emilase, dan juga serbuk sari.

Hormon Sitokinin

Hormon yang terakhir disebut dengan nama Hormon Sitokinin yang peran utamanya adalah dalam pembelahan sel tanaman. Inilah mengapa hormon yang satu ini bisa dikatakan juga mempunyai peran dalam pembentukan atau pertumbuhan tanaman.

Demikianlah berbagai macam hormon pada tumbuhan yang mungkin bisa menjadi sesuatu informasi bagi kita semua.

Hormon Tiroid

Hormon Auksin

Hormon Kortisol