Tuesday, 20 October 2015

Mari Cari Tahu tentang Hormon Auksin

Tags

Hormon auksin mungkin terdengar asing bagi kita. Ada banyak sekali hormon dalam tubuh kita. Hormon membuat kita lebih mudah melakukan segala aktivitas. Hormon juga bisa diproduksi oleh manusia dan juga oleh binatang. Sebenarnya tumbuhan juga memproduksi hormone dan auksin ini adalah salah satu yang paling penting. Mengapa hormon ini menjadi salah satu yang terpenting bagi tumbuhan? Anda bisa mengetahui ulasan selanjutnya di sini.

Hormon auksin

Ilustrasi hormon auksin. Foto : ditjenbun.pertanian(dot)go(dot)id

Apa itu Hormon Auksin?

Apa itu hormon auksin? Hormon ini adalah hormon tumbuhan yang mempunyai fungsi untuk bisa memacu atau meningkatkan proses pemanjangan sel. Auksin ini adalah hormon yang diproduksi di bagian koleoptil misalnya di bagian akar dan juga batang pohon. Cara kerja dari hormon ini sendiri sangat bergantung apda ada tidaknya cahaya. Hormon ini sendiri bisa berfungsi dengan baik ketika ada cahaya. Ini akan membantu proses fototropisme atau membeloknya batang pohon atau tumbuhan pada arah cahaya.

Fungsi Hormon Auksin Bagi Tanaman

Setiap hormon tentu saja mempunyai fungsinya sendiri –sendiri. Hormon akan memberikan fungsi yang baik selama banyaknya masih dalam batas normal. Jika hormon yang terkandung dalam tanaman terlalu banyak tentu saja banyak sekali efek yang bisa dialami oleh tanaman tersebut. Seperti yang telah dikatakan di atas, hormon ini sendiri mempunyai banyak sekali fungsi. Fungsi-fungsi dari hormon bisa ditemukan sekarang juga.

- Memanjangkan bagian tunas dan juga akar tanaman anda. Hormon ini mempunyai fungsi untuk tananam stek.

- Memaksimalkan pertumbuhan batang. Hormon ini juga mempunyai fungsi untuk perpanjangan akar dan batang. Namun jika sudah melewati batas, maka secara otomatis akan menghambat pertambahan sel batang. Hal ini bisa terjadi karena kadar auksi jumlahnya sudah melebihi yang seharusnya

- Menumbuhkan daun. Daun yang tumbuh sangat lebat juga merupakan pengaruh dari hormone ini. Auksin ini akan menumbuhkan daun secara lebih cepat ketika tunas apikal dipotong

- Menghambat rontoknya daun dan buah. Selain beberapa fungsi di atas, auksin juga mempunyai fungsi untuk mengurangi daun dan buah yang rontok.

Auksin masih berperan dalam fungsi lainnya misalnya saja bisa membantu mencegah terjadinya pembuahan tanpa adanya proses penyerbukan. Selain itu banyaknya biji pada buah semangka atau buah lainnya juga bisa dikurangi dengan hormon ini. Oleh sebab itu kita sangat mudah menemukan semangka yang ditawarkan tanpa biji. Biasanya anda yang ingin semangka anda tumbuh dengan biji sedikit atau bahkan tanpa biji hanya perlu menyuntikkan hormon ini pada tanaman semangka anda. Auksin juga bisa digunakan untuk mempercepat terjadinya perkecambahan sehingga tanaman akan mempunyai proses pertumbuhan yang jauh lebih cepat. Selain adanya auksin dalam tanaman kita juga bisa menemukan hormon lainnya. Jika anda menginginkan tanaman anda tumbuh dengan cepat anda bisa merangsang produksi hormon auksin.

Baca juga artikel sebelumnya :

Proses Spermatogenesis

Proses terjadinya kehamilan

Sistem ekskresi pada manusia