13 Penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri – Bakteri adalah makhluk hidup mikroskopis yang artinya ukuran tubuhnya sangat kecil. Bakteri sangat mudah berkembangbiak hanya dalam waktu 20 menit saja, walaupun ukuran tubuh bakteri sangat kecil tetapi jumlahnya sangat banyak di dunia ini, dalam setiap 1 cm tempat setidaknya dihuni oleh jutaan bakteri. Bakteri sudah dapat dimanfaatkan manusia sebagai agen jasa tetapi beberapa jenis bakteri bersifat patogen atau dapat menyebabkan penyakit pada inangnya seperti manusia dan hewan, nah berikut ini adalah daftar penyakit yang disebabkan oleh bakteri  :

1. Diare, disentri, keracunan makanan

Penyakit seperti diare, disentri dan keracunan makanan adalah penyakit yang berasal dari kontaminasi makanan oleh bakteri Clostridium botulinum, Brucella melitensis, Salmonellah typhi

2  Penyakit kulit

Bakteri sejenis Staphylococcus adalah tipe bakteri yang aman bagi manusia tetapi ada tipe lain yang justru berbahaya bagi manusia yaitu bakeri Staplhylococcus aureus.

3.  Infeksi paru – paru, infeksi kornea dan infeksi traktus urinarius.

Penyakit infeksi tersebut bisa disebabkan karena masuknya bakteri Pseudomonas Aeruginosa ke dalam jaringan tubuh anda. Biasanya bakteri ini sangat mudah menyerang seseorang yang sedang terkena disbetes maupun yang selalu mengonsumsi Narkoba.

4. Penyakit Cholera asiatica

Penyakit kolera disebabkan oleh serangan bakteri Vibrio cholera, seseorang yang terkena infeksi bakteri Cholera dapat mengalami kematian dalam waktu yang cepat sejak infeksi di mulai Ciri ciri orang yang terkena kolera adalah tubuhnya mengalami kejang, diare hebat, dan muntah. Cara penularan penyakit ini melalui air yang telah terkontaminasi oleh bakteri.

penyakit kolera

5. Demam, peradangan getah bening, sakit kepala

Bila anda mengalami gejala penyakit tersebut bisa jadi anda sedang di infeksi oleh bakteri Vibrio El Tor, bakteri ini menular melalui gigitan tikus. Gejala lain yang ditimbulkan dari bakteri ini adalah terasa nyeri pada otot dan persendian, munculnya ruam – ruam pada bagian kulit.

6. Pneumonia, endokarditis, meningitis

Ketiga penyakit tersebut bisa mengenai bayi yang baru lahir Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri E. Coli

7. Penyakit Typus abdominalis

Penyakit typus ditandai dengan gejala suhu badan yang tinggi mencapai 40 derajat celcius, tubuh yang sangat lemah, apatis, anoreksia, dan selalu merasakan sakit kepala. Penyakit typus disebabkan oleh adanya infeksi bakteri Salmonella Typhi, agar tidak terkena bakteri ini maka jagalah kesehatan lingkungan terutama peralatan makanan anda.

penyakit typus

8. Penyakit disentri basiler

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Shigella Dysenteriae, orang yang terkena penyakit disentri biasanya mengalami demam tinggi, diare yang tercampur dengan darah dan lendir, dan sakit pada bagian bawah perut. Penyakit ini cukup berbahaya oleh karena itu bila mengalami gejala ini segera bawa penderita ke rumah sakit terdekat.

9. Penyakit Tuberkulosis paru (TBC)

Penyakit TBC disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosi dan Mycrobacterium bovis. Penyakit ini dapat menular melalui udara karena batuk dari penderita TBC sebelumnya dan juga melalui air ludah karena di dalamnya telah terkandung bakteri Mycobacterium tuberculosi dan Mycrobacterium bovis.

10. Penyakit leptospirosis

Penyakit leptospirosis disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans, Penularan bakteri ini bisa melalui kontak dengan air, tanah, maupun lumpur dan mengalami kontak dengan organ tubuh manusia.

leptospirosis

11. Penyakit antraks

Penyakit antraks disebabkan oleh infeksi Bacillus anthracis yang dapat ditularkan melalui hewan ternak dan hewan liar lainnya yang melakukan kontak dengan manusia. Bakteri Bacillus anthracis termasuk dalam golongan gram positif dapat membentuk spora dan berkapsul.

12. Penyakit kusta

Penyakit kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae yang dapat menular ke orang lain, banyak faktor pendukung cepatnya bakteri ini menyebar dan bila tidak ditangai dengan cepat dapat menyebabkan cacat penderitanya. Bakteri kusta sering ditemukan pada tangan, daun telinga maupun mukosa hidung.

13. Penyakit tetanus

Penyakit tetanus disebabkan oleh bakteri Clostridium tatani dan penderitanya mengalami kekakuan otot Bakteri Clostridium tatani dapat hidup pada kondisi lingkungan tanpa oksigen untuk berkembangbiak Bakteri yang telah masuk ke dalam tubuh melalui luka dan tertinggal pada kondisi anarob akan berkembangbiak dan memperparah kondisi penderita.

Demikianlah artikel mengenai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, sebaiknya kita mewaspadai dan selalu menyediakan obat yang ampuh mengatasi dampak dari penyakit tersebut.

Artikel sebelumnya :

Pengertian bakteri, ciri, struktur, gambar dan reproduksi

Seperti inilah proses reproduksi bakteri
Adakah Bakteri Yang Menguntungkan?
Pengertian bakteri
Karakteristik Bakteri Gram Positif