Metamorfosis lalat, Gambar dan proses

Metamorfosis lalat – Lalat merupakan sejenis serangga yang dianggap pembawa berbagai macam penyakit. lalat bisa menjadi perantara bibit penyakit karena ia selalu hinggap pada tempat – tempat kotor seperti sampah dan kemudian hinggap pada makanan yang tidak di tutup rapat. Lalat dapat menyebarkan penyakir tidur, penyakit diare dan sebagainya. Lalat mengalami metamorfosis sempurna karena bentuk mudanya berbeda dengan saat dewasa. Selain itu lalat juga mengalami fase pupa. Metamorfosis lalat dimulai dari telur – larva – pupa – lalat dewasa.

Gambar metamorfosis lalat

Berikut ini adalah gambar proses metamorfosis lalat :

gambar metamorfosis lalat2gambar metamorfosis lalat

Proses metamorfosis lalat

Berikut ini adalah penjelasan mengenai proses metamorfosis lalat dari telur – larva- pupa – lalat dewasa.

1. Telur

Telur lalat biasanya kita temukan pada tempat – tempat yang kotor seperti pada sampah,bangkai atau tempat yang gelap.Telur lalat di simpan dengan cara tersusun satu dengan yang lainnya. Banyaknya telur yang dapat dihasilkan betina adalah sekitar 5 –6 tumpukan dalam waktu beberapa hari saja. Pada lalat buah biasanya telurnya diletakkan pada buah yang sedang berkembang.

2. Larva

Beberapa hari setelah telur diletakkan akan berubah bentuk menjadi belatung, bentuk belatung lalat mirip dengan belatung pada kupu – kupu. Larva lalat biasanya memakan daging ataupun senyawa organik lainnya. Larva ini akan terus makan hingga rangka tubuhnya tidak muat lagi, pada masa ini larva akan berganti kulit menggunakan rangka yang lebih kuat. Pergantian kulit ini akan terjadi hingga 3 kali sepanjang hidupnya. Seekor larva dapat tumbuh hingga 2 kali ukuran tubuhnya hanya dalam waktu 2 hari saja.

3. Pupa

Setelah mencapai hari yang cukup maka larva akan bergerak mencari tempat yang lebih gelap untuk berproses menjadi pupa. bagian kulitnya akan mengeras karena memiliki eksoskeleton berwarna cokelat. Pada proses ini lalat membutuhkan banyak energi untuk membentuk kakidan sayap. pada hari ketiga sampai ke 6 kaki dan saya sudah terbentuk dan siap untuk menetas menjadi lalat.

4. Lalat dewasa

Setelah lalat keluar dari dalam pupa maka lalat dewasa akan berusaha terbang untuk mencari makanan. Dalam waktu 3 hari kemudian lalat sudah akan melakukan reproduksi lagi. Masahidup lalat hanya 21 hari. Seekor lalat betina dapat bertelur hingga 900 butir sepanjang hidupnya.

Demikianlah pembahasan mengenai metamorfosis lalar, gambar lalat dan proses metamorfosis lalat.

Baca juga :

Photo :

oktiitsnainirohmah.blogspot(dot)com

slideshare(dot)net