Berlangganan

Metamorfosis katak, gambar dan proses

Metamorfosis katak – Katak adalah jenis hewan amfibi yang dapat hidup di darat maupun di air. Katak mengalami siklus hidup yang disesuaikan pada lingkungan hidupnya. Perubahan wujud yang dialami kecebong menjadi katak dewasa disebut metamorfosis. Katak menghabiskan waktunya di dalam air untuk proses embio dan larvanya, setelah melakukan itu maka ia ke darat untuk mencari makan dan bereproduksi.

Saat memasuki musim kawin maka katak akan mencari air untuk memijahkan telurnya. Pembuahan katak terjadi secara eksternal yaitu pembuahan yang dilakukan di luar tubuh induknya. Tahap metamorfosis katak dimulai dari telur – kecebong –katak muda – katak dewasa.

Gambar metamorfosis katak

Berikut ini beberapa gambar metamorfosis katak :

gambar metamorfosis katak

metamorfosis katak 2

Proses metamorfosis katak

Proses metamorfosis katak dimulai saat katak dewasa bereproduksi dan mempertemukan sel telur dengan ovum di dalam air. Maka akan terbentuk zigot atau dinamakan telur. Berikut ini dibahas secara mendetail proses metamorfosis katak;

1. Telur

Telur yang dihasilkan katak sangat banyak sekali tetapi tidak semua dapat tumbuh menjadi katak dewasa karena pembuahan di luar tubuh berpotensi banyak telur yang tidak jadi. Telur katak berkembang di dalam cairan berbentul jelly dan memiliki kuning telur yang merupakan sumber makanan bagi telur terseut. Biasanya telur katak disimpan pada air yang tenang dan tidak mengalir agar strukturnya tidak mudah rusak. Sedangkan pada katak pohon biasanya meletakkan telurnya pada cabang pohon yang berbentuk seperti busa untuk melindungi telur saat panas. Pada katak biasanya telur akan menetas menjadi larva setelah berusia 21 hari. Larva ini biasa kita sebut kecebong.

2. Kecebong

Makanan kecebong berasal dari sisa kuning telur. Kecebong akan melakukan pembentukan organ insang, mulut dan ekor hingga tubuhnya sempurna, pada usia 7 hingga 10 hari organ kecebong telah sempurna dan dapat mencari makan sendiri berupa alga. Kecebong menggunakan insang pada permukaan tubuhnya untuk bernafas. Pada usia 4 minggu insang akan ditutupi oleh kulit sehingga insang akan masuk ke dalam tubuh dan menghilang perlahan – lahan saat kecebong sudah berubah menjadi katak muda. Pada tahap ini gigi sudah mulai terbentuk.

Pada usia 6 minggu hingga 9 minggu akan terlihat kaki depan dan kaki belakang. Bentuk kepala dan tubuhnya perlahan mulai memanjang. makanan kecebong ini biasanya serangga mati yang ada di perairan. Diaakhir minggu ke 9 kecebong telah terbentuk sempurna karena memiliki bentuk seperti katak dengan ekor yang panjang.

3. Katak muda

Katak muda terbentuk pada usia 12 minggu dimana katak sudah memiliki ekor yang sangat pendek. Katak muda sudah mulai beraktivitas di darat dan meninggalkan perairan. Insang yang dulu dimiliki akan menghilang dan paru – paru terbentuk untuk bernafas di darat. Pencernaan katak mulai beradaptasi terhadap makanannya berupa serangga.

4. Katak dewasa

Usia katak sampai pada minggu ke 16 akan kehilangan ekornya karena telah menjadi katak dewasa. Katak sudah aktif mencari makanan serangga kecil di darat. katak memiliki lidah yang panjang untuk menangkap mangsanya. saat memasuki masa kawin katak akan kembali lagi ke air.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai Metamorfosis katak, gambar katak dan proses metamorfosis katak. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

foto :

slideshare(dot)net

mainankayu(dot)com