Saturday, 24 October 2015

Metabolisme Lemak Sebagai Proses Penting Dalam Tubuh Manusia

Tags

Di dalam tubuh manusia, setiap harinya terjadi berbagai macam proses metabolisme yang penting dalam kelangsungan hidup kita, seperti metabolisme karbohidrat, protein, dan juga lemak. Jenis metabolisme yang akan kita bahas lebih lanjut di dalam artikel ini adalah metabolisme lemak. Metabolisme yang satu ini sebenarnya juga mempunyai nama lain, yaitu metabolisme lipid. Tanpa membuang waktu lagi, berikut beberapa hal terkait yang perlu Anda ketahui lebih lanjut mengenai metabolisme lipid atau lemak.

metabolisme lemak

skema metabolisme lemak. Foto : konsultankolesterol(dot)com

Proses-Proses Yang Serupa Dalam Metabolisme Lemak

Jika ana mendengar kata lemak, mungkin hal pertama yang terpikirkan oleh Anda adalah kegendutan atau bahkan obesitas. Sebenarnya, lemak tidak melulu berkaitan dengan hal tersebut karena pada kenyataannya lemak juga meruakan satu zat yang dibutuhkan di dalam tubuh manusia. Itulah mengapa di dalam tubuh kita juga terjadi sebuah proses yang dikenal dengan nama metabolisme lemak. Di dalam proses metabolisme yang satu ini, bisa dikatakan bahwa ada beberapa proses serupa seperti yang bisa kita temukan dalam jenis metabolisme tubuh yang lain. Proses-proses yang dimaksud di sini adalah proses pencernaan, pemecahan, dan juga penyimpanan.

Metabolisme Lipid Dan Trigliserida

Di dalam metabolisme lemak yang bisa juga kita sebut dengan lipid, zat yang menjadi bagian utama proses adalah asam lemak yang sebenarnya juga merupakan komponen Trigliserida. Dalam proses ini, asam lemak tersebut akan dicerna oleh tubuh lalu kemudia dipecah guna membentuk energi. Akan tetapi, hasil dari metabolisme asam lemak ini tidak hanya melulu berupa energi yang nantinya akan diedarkan ke seluruh tubuh, tetapi juga berupa energi yang bisa disimpan untuk digunakan di masa yang akan datang. Asam lemak Trigliserida merupakan satu komponen yang bisa ditemukan di dalam berbagai macam produk makanan yang dibatasi pada jenis minyak-minyakan nabati dan juga berbagai macam produk hewani. Khusus untuk bentuk energi yang disimpan untuk kebutuhan di masa mendatang, asam lemak Trigliserida secara umum mempunyai dua bentuk yang berbeda yaitu sel-sel pada jaringan hati dan juga lemak tubuh atau yang dikenal dengan sel-sel jaringan adiposa.Biasanya energi yang disimpan ini merupakan energi yang akan digunakan oleh tubuh saat energi yang berasal dari karbohidrat habis. Dengan kata lain, energi ini sebenarnya merupakan energi cadangan.

Makanan Yang Mengandung Trigliserida

Bagi Anda yang merasa penasaran tentang jenis-jenis makanan yang mengandung banyak komponen Trigliserida yang mempunyai peran sangat penting dalam proses metabolisme lipid, sebenarnya ada cukup banyak contoh makanan yang bisa ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Contoh pertamanya adalah buah alpukat, kacang-kacangan, dan juga buah zaitun yang masuk ke dalam kategori bahan makanan nabati. Ada juga berbagai macam produk susu, daging, dan juga telur yang termasuk ke dalam kategori bahan makanan hewani.

Semoga artikel metabolisme lemak ini bermanfaat bagi kita semua. baca juga artikel sebelumnya.

Proses Spermatogenesis

Proses terjadinya kehamilan

Sistem ekskresi pada manusia