Berlangganan

Amphibia (Amfibi) dan Contoh hewan Amfibi

Amfibi – Amfibi adalah kelompok hewan vertebrata yang dapat hidup di dua alam yaitu alam daratan dan alam perairan. Inilah keunikan dari hewan ini. Untuk lebih jelasnya berikut adalah ciri ciri amfibi dan ordo dari amfibi.

Ciri ciri hewan Amfibi

- Memiliki kemampuan hidup di dua alam

- Bagian tubuhnya terdapat kulit yang selalu basah tetapi tidak memiliki sisik

- Ada yang mengalami metamorfosis dan ada juga yang tidak.

- Ketika masih fase larva ia menggunakan insang sebagai alat mernafasannya sedangkan ketika dwasa insang terdiferensiasi dan menggunakan paru – paru sebagai alat pernafasannya

- bagian – bagian jantung hanya terdiri dari 3 bagian yaitu 2 serambi dan 1 ventrikel.

- Jenis kelaminnya terpisah

- Bereproduksi secara ovipar (bertelur).

Pembagian  3 ordo Amfibi yaitu sebagai berikut ;

(1) Ordo Caudata (Urodela)
ciri ciri ordo ini adalah memiliki bentuk yang mirip dengan kadal, memiliki ekor. Alat pernafasan ada yang yang menggunakan insang dan ada pula yang menggunakan paru – paru. bagian – bagian tubuh terdiri dari kepala, badan, dan ekor

Contoh: Megalobatrachus japonius (salamander raksasa).

salamander raksasa

(2) Ordo Salientia (Anura)
Anura adalah kelompok hewan kata yang memiliki ciri ciri tidak memiliki ekor, dapat melompat dengan baik, saat masih berudu menggunakan insang dan ketika dewasa menggunakan paru – paru. Tidak memiliki leher karena bagian kepala dan badan menyatu. Bagian kaki di depan lebih pendek dibandingkan kaki belakang. hewan ini juga mengalami metamorfosis sempurna. Untuk berenang ia menggunakan selaput renang yang ada di jari kakinya. fertilisai terjadi secara eksternal.

Contoh Bufo terrestris (katak bangkong), Rana pipiens (katak hijau).

(3) Ordo Apoda (Gymnophiona)
Adapun yang termasuk dalam golongan ini adalah makhluk yang menyerupai cacing dan tidak memiliki kaki, kulitnya lunak . Di bagian antara mata dan hidung terdapat tentakel yang dapat ditonjolkan keluar. hewan ini memiliki ekor yang pendek serta mata yang tidak berkelopak.. Proses perkembangbiakan terjadi secara ovipar dan ovovivipar dan hidup pada daerah tropis.

Contoh: Ichthyosis glutinosus

Ichthyosis glutinosus.

Contoh Hewan Amfibi

Contoh hewan amfibi sangat banyak sekali di sekitar kita berikut ini contoh hewan amfibi : Megalobatrachus japonius (salamander raksasa), Bufo terrestris (katak bangkong), Rana pipiens (katak hijau), Ichthyosis glutinosus.

Demikianlah pembahasan mengenai Amfibi dan Contoh Hewan Amfibi. Semoga dapat meningkatkan pemahaman kita semua.

Artikel Sebelumnya

Penyusun membran Sel

Macam macam bioma

Fungsi jaringan Epitel