Berlangganan

Mengenal Filum Coelenterata (lengkap)

Coelenterata – Ciri ciri coelenterata adalah sebagai berikut : Coelenterata adalah makhluk yang hidup di laut walaupun ada sebagian yang hidup di air tawar.Coelenterata masuk dalam golongan diploblastik. Susunan tubuh bagian luarnya memiliki sel epidermis serta di lapisan bagian dalam berupa gastrodermis. Coelenterata memilikiperbedaan dibandingkan dengan porifera dimana walaupun sama – sama berongga tetapi coelenterata hanya memiliki satu lubang untuk semua aktivitas seperti makan dan sebagai pembuangan. Ciri – ciri lain adalah pada bagian lapisan luar yaitu lapisan epidermis memiliki sel yang berperan menghasilkan sengat. Sengat ini adalah pertahanan tubuh terhadap musuhnya.

Diantara lapisan epidermis dan gastrodermis ada lapisan yang disebut mesoglea biasanya memiliki beberapa sel. Keunikan coelenterata adalah ia mengalami pergiliran keturunan antara fase polip dan medusa, dimana pada fase polip memiliki bentuk silindris di bagian proksimal dan melekat pada suatu tempat, pada bagian distal ada mulut yang dikelilingi oleh tentakel. Sedangkan pada fase medusa biasanya berbentuk layaknya payung dimana bagian sisi tengah bawah ada mulutnya, pada fase ini ruang pencernaan berupa saluran radial yang memiliki 4 cabang utama dan kesemuanya bermuara di saluran sirkuler.


Reproduksi Coelenterata

Coelenterata adalah hewan yang dapat melakukan perkembangbiakan secara seksual maupun aseksual. Proses reproduksi seksual terjadi dengan cara membentuk sperma dan ovum dan bertemu menjadi zigot dan menjadi individu yang baru. Beberapa jenis coelenterata merupakan hermaprodit dimana satu individu menghaslkan sendiri ovum dan spermanya, tetapi ada juga yang gonochoris dimana ovum dan sperma dihasilkan dari individu yang berbeda.  Sedangkan reproduksi secara aseksualnya terjadi dengan pembentukan tunas, setelah tunas membesar maka ia akan melepakan diri dari induknya untuk tumbuh menjadi individu yang baru.

Klasifikasi coelenterata
Coelenterata dapat dibagi menjadi 3 kelas yaitu sebagai berikut :
1) Kelas Hydrozoa:

Ciri ciri hydrozoa adala berupa polip, hanya sebagian kecil saja yang berbentuk medusa dan selalu hidup berkoloni. Habitat asliHydrozoa di air tawar,walaupun ada sebagian yang hidup di laut. Hydrozoa biasanya hidup dengan cara menempel pada benda yang hidup dalam air, contohnya tanaman air. Cara reproduksi Hydrozoa secara aseksual melalui tunas, sedangkan secara seksualnya dengan menghasilkan sperma dan ovum tetapi ada juga yang hermaprodit.

Contoh Hydrozoa adalah

a. Hydra viridis (Hydra hijau): hidup tidak berkoloni pada air tawar seperti di kolam atau sungai yang arusnya tenang
b. Hydra fusca (Hydra coklat)
c. Hydra attenuate (Hydra bening)
d. Obelia sp: memiliki bentuk yang mirip dengan batang yang bercabang

2) Kelas Scyphozoa:

Ciri ciri kelas Scyphozoa adalah memiliki bentuk tubuh mirip mangkuk yang terbalik. mengalami fase medusa yang dominan dibandingkan dengan fase polip. Tempat tinggalnya di laut , reproduksinya seksual dan aseksual dan mengalami pergiliran keturunan.
Contohnya Scyphozoa adalah Aurelia aurita (ubur-ubur).

Proses pergiliran keturunan Aurelia dimana aurelia dewasa merupakan fase medusa. Prosesnya diawali dengan Aurelia jantan menghasilkan sperma sedangkan aurelia betina menghasilkan ovum. Saat sperma berhasil membuahi ovum maka terbentuklah zigot, zigot ini kemudian mengalami pembehana diri beberapa kali hingga terbentuk sel yang berbentuk bola disebut blastula. Blastula kemudian mengalami pertumbuhan menjadi larva yang bersilia. Larva ini akan mencari tempat yang tepat untuk tumbuh menjadi polip. Polip kemudian tumbuh secara menetap hingga membesar dan membentuk kuncup – kuncup yang baru disebut strobilasi). Lama kelamaan kuncup ini akan melepaskan diri satu persatu ke air menjadi efira, efira kemudian berubah menjadi medusa dan tumbuh menjadi medusa yang dewasa.

daaur hidup ubur ubur

gambar daur hidup ubur – ubur


3) Kelas Anthozoa:

Kelas anthozoa memiliki ciri ciri dimana ia berbentuk polip, merupakan hewan laut yang termasuk dalam golongan hewan karang dan anemon laut. hewan ini tidak memiliki tangkai, tubuhnya dibungkus oleh skeleton eksternal biasa disebut karang. Antozoa memiliki tentakel di sekitar mulutnya. bentuk mulutnya memanjang dan bermuara di dalam tabung stomedeum.

Contoh kelas anthozoa adalah Fungia sp, Meandrina sp., Acrophora sp, Euplexaura antipathies (akar bahar), Stylophora sp,

Peranan Coelenterata bagi kehidupan bagi manusia
Salah satu contoh coelenterata adalah karang memiliki manfaat dapat mencegah terjadinya abrasi ombak di pinggir pantai. Karang juga dapat menjadi tempat perkembangbiakan biota laut lainnya dan memperindah kehidupan bawah laut untuk objek wisata. Karang laut juga sering dijadikan bahan bangunan, membuat taman di rumah dan cinderamata berharga. Walaupun demikian hewan hydrozoa sering mengganggu pengunjung laut karena sengat yang dihasilkannya.

Demikianlah pembahasan mengnai Filum Coelentara  lengkap. semoga dapat membuat kita paham terhadap salah satu makhluk laut ini.

Artikel Sebelumnya

Struktur Kromosom

Proses Fotosintesis

Jaringan Ikat Longgar