Manfaat jahe untuk kesehatan dan kecantikan

Manfaat jahe – jahe adalah salah satu rempah – rempah asli indonesia yang sangat bermanfaat. Jahe merupakan tanaman sejenis rimpang dan hidup dengan ciri memiliki ruas – ruas pada bagiannya. Tanaman jahe sering dijadikan tanaman obat karena rasanya yang pedis dan aromanya yang kuat. Terdapat beberapa jenis – jenis jahe yaitu ada yang berwarna kuning/putih yang memiliki ukuran rimpang yang lebih besar, sedangkan jahe merah adalah jenis jahe yang memiliki ukuran lebih kecil.

Selain dibuat jamu jahe juga dijadikan minuman populer yakni sarabba. Rasanya yang sunguh nikmat, namun akhir – akhir ini sering kita temukan obat kemasan yang menggunakan jahe sebagai bahan utamanya. Tentunya jahe memiliki khasiat tersendiri yang dapat bermanfaat untuk masyarakat. Nah apa saja manfaat jahe terutama untuk kesehatan dan kecantikan?

manfaat jahe

Manfaat jahe untuk kecantikan

1. Dapat mencegah perut buncit

Perut buncit dapat dialami oleh pria maupun wanita. nah ternyata dengan rutin mengonsumsi jahe dapat membantu melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh sehingga anda dapat mencegah timbulnya perut buncit yang cukup mengganggu pemandangan tersebut.

2. Dapat membantu mengobati jerawat.

Jerawat di wajah adalah masalah para remaja yang baru masuk baligh atau baru melewati masa pubertas. Nah ternyata dari hasil penelitian di Universitas Maryland medical center membuktikan bahwa dengan mengonsumsi maksimal 4 gram jahe setiap hari maka resiko terkena jerawat akan semakin kecil. namun anda juga tidak bisa terlalu banyak mengonsumsi jahe karena dapat menyebabkan perut menjadi mules karena rasa pedisnya, dan juga dapat menyebabkan diarea dan muncul iritasi.

3. Dapat mencegah penuaan

Penuaan dini dapat disebabkan karena terlalu banyak radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh anda. nah dengan rutin mengonsumsi jahe maka kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu mengurnagi radikal bebas yang masuk setiap hari.

Manfaat jahe merah untuk kesehatan

Nah apa saja manfaat dari jahe merah untuk kesehatan ? berikut ulasannya

1. Dapat mengatasi berbagai masalah akibat peradangan pada tenggorokan

2. Dapat mengobati sakit demam

3. Membantu mengeluarkan kotoran dan racun yang terdapat pada tubuh melalui keringat ketika mengonsumsi jahe.

4. Membantu pencegahan darah yang menggumpal

5. Membantu dalam mengatasi anemia atau kekurangan darah yang sering dialami oleh wanita.

6. Dapat membantu mempertajam penglihatan seseorang yang berkurang kemampuannya terutama ketika membaca.

7. Dapat mengurangi sakit batuk gatal maupun berdahak.

8. Mengurangi rasa sakit kepala

Nah itulah beberapa manfaat jahe yang dapat anda dapatkan dengan rutin mengonsumsinya. Harga minuman jahe di sekitar kita juga cukup murah sehingga tidak alasan untuk tidak mengonsumsi jahe. Selamat mencob.

Artikel Sebelumnya

Manfaat Royal jelly

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Manfaat minyak zaitun untuk kulit