Manfaat air kelapa muda untuk rambut dan ibu hamil

Manfaat air kelapa – Air kelapa muda merupakan minuman menyegarkan dan mudah dijumpai di Indonesia. Rasanya yang manis dan sedikit bersoda membuat siapa saja menyukai air kelapa muda. Namun ternyata air kelapa muda memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan karena sering dikonsumsi oleh ibu hamil dan untuk merawat rambut menjadi lebih sehat. Artikel kali ini akan membahas manfaat air kelapa muda secara lengkap. Es kelapa muda ternyata masuk dalam jajaran 50 minuman terenak di dunia.

Manfaat air kelapa muda

1. Dapat mencukupi kebutuhan elektrolit tubuh karena mengandung kalium, magnesium, kalsium dan natrium.

2. Mencegah kegemukan karena mengandung kalori yang rendah

3. Mengatasi peradangan pada sistem pencernaan karena kandunga asam lauratnya membantu penyembuhan peradangan pada sistem pencernaan

4. Mampu mendinginkan suhu tubuh. Tidak heran bila musim panas minuman ini paling banyak dicari karena kemampunannya menurunkan suhu tubuh sekaligus menyembuhkan peradangan yang terjadi pada lambung

5. dapat mencegah dehidrasi karena karena air kelapa merupakan minuman isotonik yang alami

6. Mencegah diabetes. Walaupun air kelapa rasanya manis tetapi ia tetap rendah gula sehingga baik pagi penderita penyakit jantung maupun diabetes.
7. Dapat membantu mengurangi racun di dalam tubuh. BIla seseorang mengalami keracunan biasanya diberikan air kelapa muda. Hal ini benarkarena kandungan bioaktif di dalamnya dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh anda.

8. Air kelapa muda dapat menyembuhkan infeksi pada saluran urin baik itu yang ada pada ginjal maupun penyakit batu uretra.

manfaat air kelapa muda

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil

1. Membantu mencegah ibu hamil dehidrasi

Kandungan cairan air kelapa seperti kalium, elektrolit, klorida, kalsium, sodium, riboflavin ternyata sama dengan cairan yang ada di dalam tubuh.Sehingga ia dapat membantu mencegah dehidrasi. Dehidrasi bagi ibu hamil dapat menyebabkan sakit kepala, kram dan dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya mengonsumsi air kelapa

2. Dapat menjadi anti diuretik alami

Seorang ibu hamil sering kami mengalami masalah pada saluran kemih. Nah dengan mengonsumsi air kelapa dapat membantu memperlancar pembuangan urin dan membersihkannya sekaligus mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh pada ibu hamil.

3. Mencegah berbagai penyakit

Di dalam air kelapa terdapat senyawa asam laurat yang dapat membantu melawat beberapa jenis penyakit. Asam laurat ini memiliki kemiripan yang ada pada ASI seorang ibu. dengan demikian maka ibu yang mengonsumsi air kelapa muda dapat mencegah diri dari penyakit berbahaya seperti HIV, protozoa giardia dan lain – lain.

4. Air kelapa dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan

Saat seorang perempuan hamil maka plesenta akan menghasilkan hormon progesteron, kerja hormon ini memperlambat lambung sehingga saat mencerna makanan kontraksinya menjadi lambat. Rutin mengonsumsi air kelapa dapat meningkatkan proses pencernaan.

5. Meningkatkan kolesterol baik

Kandungan lemak dan kolesterol di dalam air kelapa sangan rendah sehingga ia dapat meningkatkan kolesterol yang baik di dalam tubuh anda..

Manfaat air kelapa hijau

1. Mengatasi kekurangan gizi. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa air kelapa hijau dapat membantu mengobati masalah kekurangan gizi dan dehidrasi. hal ini disebabkan karena kandungan elektrolit di dalam air kelapa hijau sama dengan yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

2. dapat menambah energi. Minuman air kelapa hijau dapat memberikan energi tambahan bagi anda yang pekerja berat, selain itu air kelapa muda juga alami dan tidak mengandung pengawet seperti halnya minuman penambah elergi lainnya

3. Menyehatkan ginjal. BIla anda rutin mengonsumsi air kelapa hijau maka anda akan terbebas dari penyakit batu ginjal dan juga tekanan darah tinggi maupun stroke.

4. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui anti bakteri dan antivirus allami yaitu asam laurat yang terdapat pada air keelapa hijau

5. Membantu mengatasi sakit kepala karena kandungan magnesium di dalam air kelapa muda.

6. Mengatasi radikal bebas. Radikal bebas merupakan zat yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia. nah dengan mengonsumsi air kelapa muda alami maka anda akan bebas dari pengaruh buruk radikal bebas.

Manfaat air kelapa untuk rambut

1. Membantu melembabkan rambut

Air kelapa muda yang dibilas pada rambut anda dapat mengatasi masalah rambut kering dan sering patah – patah. Bila anda menggunakannya secara rutin maka rambut akan menjadi lebih lembab.

2. Mencegah uban

Uban atau rambut putih biasanya mengenai orang yang sudah berumur tua. Tetapi masa kini rambut uban sudah banyak ditemukan pada usia remaja. Nah untuk mengatasi dan mencegah uban tersebut muncul anda dapat menggunakan santan dari kelapa yang sudah agak tua, tambahkan sedikit garam dan diamkan semalaman, esok hari baru anda gunakan untuk mengolesi rambut anda.

3. Membantu mencegah ketombe

Pertumbuhan ketombe di kelapa dapat dicegah melalui pemakaian air kelapa, kandungan vitamin C di dalam kelapa dapat menghilangkan ketombe. Ambillah santan dari setengah butir kelapa, tambahkan sedikit nanas dan jeruk nipis kemudian gunakan sebagai ramuan untuk menghilangkan ketombe anda.

Demikianlah banyak sekali manfaat air kelapa muda baik untuk kesehatan, ibu hamil dan rambut. Selamat mencobanya dirumah.

Artikel Sebelumnya

Manfaat daun sirih

Manfaat bawang putih

Manfaat jeruk Nipis