Penjelasan Protista Mirip Jamur

Protista Mirip Jamur – Salah satu jenis protista ternyata memiliki kesamaan dengan golongan jamur terutama dalam hal proses reproduksinya. Adapun protista memiliki fase vegetatif sehingga dapat bergerak secara amoeboid. Adapun yang termasuk dalam golongan Protista mirip Jamur hanya 2 yaitu :  Myxomycotina, Slime Mold (jamur lendir). Berikut ini penjelasan kedua golongan itu.

a. Myxomycotina

Protista yang masuk dalam golongan Myxomycotina ini ternyata memiliki sifat yang mirip dengan jamur, pada struktur vegetatifnya disebut plasmodium dimana ini merupakan masa sitoplasma yang memiliki inti banyak dan tidak terdapat batas dengan dinding sel yang kuat. Dari atas Substratnya ia dapat bergerak secara amoeboid dan melakukan pencernaan mikroba kecil atau mencerna partikel bahan organik yang telah membusuk di dalam sel tubuhnya

Jika kondisinya sedang baik maka plasmodium akan melanjutkan perkembangbiakan vegetatifnya yaitu dimana selnya bertambah dan terjadi pembelahan inti sel secara terus – menerus. namun jika plasmodium ternyata bergerak meryap ke tempat yang keting maka ia akan membentuk badan – badan buah yang biasa disebut “fruiting bodies” dengan struktur yang kompleks.

Setelah badan buah ini berkembang dengan baik maka spora inti satu akan terbentuk dan ia akan diselubungi oleh dinding sel pada badan buah tersebut. Spora itu berasal dari plasmodium yang masing – masingnya memisahkan diri ke wilayah yang dibatasi oleh dinding sel.

Spora yang tadinya terlepas dari badan buah akan membentuk gamet amoeboid yang memiliki flagel. Setelah itu setiap pasangan gamet mereka akan bergabung dan menjadi sebuah zigot yang memiliki flagel.

Setelah itu Zigot ini akan kehilangan flagelnya sehingga ia menjadi plasmodium lagi. Inti plasmodium akan bersifat diploid dan proses miosis akan terjadi jika akan terbentuk spora,

 

Daur hidup puligo

Daur Hidup Puligo

 

b. Slime Mold (jamur lendir)

Protista jenis ini memiliki sifat – sifat yang mirip dengan jamur, ia selalu hidup pada wilayah tanah yang lembab dan pada air tawar, serasah daun atau pada batang kayu yang telah roboh. Jamur lendir ini memiliki kekerabatan dekat dengan amoeba. Hal ini disebabkan karena tingkah lakunya yang mirip dengan amoeba dimana ia bergerak menggunakan kaki semu. Kaki semu digunakan jamur lendir untuk mengambil makanannya berupa bakteri atau mikroorganisme lainnya. Chiri khusus organisme ini adalah massa selnya terpisah dengan membran, bersifat haploid dan tidak seonositik.

Jamur lendir

Slime Mold  jamur lendir

Jamur Lendir

Slime Mold  jamur lendir

Demikianlah pembahasan mengenai Protista Mirip jamur, Semoga dapat menambah wawasan kita mengenai salah satu protista ini

Artikel Sebelumnya

Ciri ciri Orang Sukses

Ciri ciri gymnospermae

Ciri ciri madu asli