Pengertian DNA, Perbedaan DNA dan RNA

Pengertian DNA – Mungkin Anda sering mendengar kata DNA? Namun apakah Anda tahu apa yang sebenarnya yang dimaksud dengan DNA itu sendiri? DNA bisa diartikan sebagai suatu ama nukleat yang mana menyimpan seluruh informasi biologis yang tentunya unik dan setiap mahluk hidup memilikinya dengan beberapa virus juga yang terdapat didalamnya. Peran daripada DNA itu sendiri didalam tubuh manusia yakni tentu saja sebagai tempat penyimpanan informasi jangka panjang. DNA itu sendiri seringkali juga dikatakan sebagai resep ataupun kode karena didalamnya berisi mengenai instruksi yang tentunya dibutuhkan untuk membangun komponen lain daripada sel itu sendiri seperti protein dan juga molekul RNA. Segmen DNA itu sendiri tentunya akan membawa kode genetik tersebut yang juga dikenal dengan GEN, akan tetapi urutan pada DNA akan berbeda dan juga memiliki structural.

Pengertian DNA

Perbedaan DNA dan RNA

Apakah Anda tahu perbedaan antara DNA dengan RNA? Didalam tubuh manusia itu sendiri tentunya akan dipengaruih dengan pembawa genetic yang mana terdapat disetiap sel yang bernama DNA dan juga RNA. Dibandingkan dengan DNA, RNA tentu mungkin masih terdengar jauh lebih asing. Kedua ini merupakan suatu rangkaian asam amino yang mana berfungsi sebagai pembawa pesan genetic yang pada tubuh manusia. Kedua nya juga disusun oleh makromolekul sederhana yang penting untuk proses metabolisme. Perbedaanya terdapat di susunannya yakni DNA disusun oleh gugus gula yang mana juga disebut dengan deoksiribosa berbeda dengan RNA yang mana disusun oleh gula tunggal yang disebut dengan Ribose. Basa Nitrogen DNA terdiri dari purin dan juga pirimidin sedangan RNA terdiri dari purin yang mana terbentuk dari adenine serta guanine serta pirimidin yang juga terbentuk dari uracyl dan cytocin. Perbedaan selanjutnya terletak di Uracyl yang mana DNA jauh lebih panjang jika dibandingkan dengan RNA. Selain daripada itu juga DNA mempunyai rantai ganda yang dikenal juga dengan double helix, berbeda dengan RNA yang mana hanya disusun oleh rantai tunggal dan pendek serta fungsi DNA yang jauh lebih kompleks jika dibandingkan dengan RNA.

Jadi pada dasarnya DNA dan RNA, mereka memiliki peran tentunya dalam proses sintesis protein, namun DNA memiliki tugas tambahan yang lebih banyak yakni mewarisi sifat, pewarisan sifat ini biasanya kita kenal dengan sebagai keturunan. Bagaimana apakah Anda sudah lebih mengenal tentang DNA sekarang? Itulah sekian informasi mengenai pengertian DNA semoga bermanfaat J

Artikel Sebelumnya

Ciri ciri madu Asli

Klasifikasi Protozoa

Ciri ciri kanker rahim