Pengertian Difusi, Proses Difusi dan Contoh Difusi

Pengertian Difusi – Apakah Anda tahu yang dimaksudkan dengan Difusi itu sendiri? Mungkin sebagian dari Anda belum pada tahu Difusi merupakan proses pasif transportasi. Di dalam proses Difusi itu sendiri ada zat tunggal yang mana lebih cenderung bergerak dengan sendirinya ke daerah konsentrasi yang lebih tinggi ke yang rendah hingga ke konsentrasi yang sama. Tentu saja hal tersebut sulit dimengerti jika hanya dilihat dari bentuk teorinya namun Anda bisa perhatikan ketika seorang membuka sebotol anomina didalam ruangan yang mana dipenuhi oleh banyak orang. Gas ammonia yang ada pada botol tentunya merupakan konsentrasi yang tinggi sedangkan konsentrasi yang terendah yakni tentunya tepi ruangan tersebut. Tentunya nanti uap ammonia akan terus menyebar secara bertahap yang mana juga semakin banyak orang yang akan mencium bau ammonia karena penyebar konsentrasi tadi. Tentu saja disini proses difusi sudah terjadi tanpa mengeluarkan energi.

Proses Difusi

Proses difusi

Proses difusi itu sendiri tentu saja terjadi ketika adanya pergerakan partikel suatu zat baik itu zat padat, cair maupun gas dari suatu tempat yang berkonsentrasi tinggi ke yang berkonsentrasi rendah yang mana pastinya melewati suatu membra. Prose situ sendiri tentu saja bisa dikatakan sebagai proses transportasi yang tentunya tidak akan memerlukan energy sama sekali maka dari itu disebut juga transportasi pasif. Mengapa bisa demikian? Tentu saja hal tersebut disebabkan oleh kekuatan dorong yang berasal dari energi yang bersumber dari gerak acak partikel yang berdifusi. Adapun syarat suatu partikel bisa melewati membrane yakni dengan partikel tersebut merupakan partikel dengan bentuk yang kecil, sederhana serta bisa larut didalam air ataupun lemak.

Contoh Difusi

Proses difusi itu sendiri jika ditelaah melalui teori mungkin akan jauh lebih membinggungkan namun untuk contoh difusi Anda bisa langsung liat ketika memberikan gula pada cairan the, dimana lambat laun cairan the akan menjadi manis akibat gula yang melebur menjadi 1 dengan air the itu sendiri.

Bagaimana cukup jelas bukan? Pengertian Difusi, Proses Difusi Dan Contoh Difusi itu sendiri memang terbilang sederhana. Itu saja mengenai pengertian difusi yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat

Artikel Sebelumnya

Pengertian Sel, Membran Sel, Organel Sel

Ciri ciri Hewan mamalia

Pencemaran Tanah