Fungsi Jaringan Meristem dan Ciri Ciri Jaringan Meristem

Fungsi Jaringan Meristem – Mungkin masih sangat asing untuk Anda sebagai kaum awam yang mendengar isitlah meristem. Tentu saja mungkin Anda akan bertanya-tanya, apakah yang dimaksudkan dengan fungsi jaringan meristem itu ? dan bagaimana pengelompokan fungsi jaringan meristem ini? Jaringan ini tentunya terdapat pada tumbuhan yang mana, jaringan meristem merupakan jaringan yang berada didalam tumbuhan yang aktif membelah jaringan kecil yang mana terdapat pada bagian ujung akar serta ujung batang pada tumbuhan. Tentu saja jaringan tumbuhan ini akan memperpanjang bentuk akar serta batang tumbuhan itu sendiri yang mana juga terbentuk dari hasil fotosintensis yang mana juga menyerap sari-sari yang ada didalam tanah.

Fungsi Jaringan Meristem

Fungsi Jaringan Meristem itu sendiri dibagi menjadi 3 kelompok yakni sebagai berikut:

- Jaringan Promeristem

Ini adalah jaringan meristem yang sudah ada ketika tumbuhan berfase embrio yang mana pertumbuhan embrio tersebut akan menghasilkan jaringan meristem primer untuk tumbuhan.

- Jaringan Meristem Primer

Jaringan ini tentunya merupakan hasil dari pertumbuhan embrio yang ada pada jaringan promeristem. Jaringan meristem primer ini juga dapat ditemukan pada tumbuhan yang sudah berumur dewasa, yang bisa ditemukan diujung akar dan batang tumbuhan tersebut sehingga jaringan ini juga biasa disebut dengan meristem apical.

- Jaringan Meristem Sekunder

Jenis jaringan meristem yang terakhir ini merupakan hasil perkembangan dari meristem primer yang contohnya seperti cambium yang ada pada tumbuhan yang memilik peran untuk memperbesar dan melebarkan batang tumbuhan.

Ciri-ciri Jaringan Meristem

- Memilik bentuk sel yang sama serta ukurannya pun juga sama

- Memiliki dinding sel yang cukup tipis

- Protoplasma yang terdapat pada sel dalam jumlah yang banyak

- Memiliki isi sel yang tidak memiliki kandungan zat makanan

- Memilik sel muda yang masih belum mengalami diferensiasi dan juga spesialisasi

Bagaimana apakah sekarang Anda sudah mengenal lebih jauh mengenai fungsi jaringan meristem itu sendiri? Didalam tumbuhan tentunya jaringan ini memiliki fungsi yang begitu penting untuk pertumbuhan tumbuhan itu sendiri. Itu saja pembahasan mengenai fungsi jaringan meristem.

Artikel Sebelumnya

Penyakit hemophilia

Ciri ciri Asam Urat

Penyakit Alzheimer