Berlangganan

Apa saja Ciri ciri Hewan Mamalia ?

Ciri ciri Hewan Mamalia - Hewan mamalia merupakan salah satu anggota hewan vertebrata yang memiliki tulang belakang. Ciri-ciri hewan mamalia yang paling mudah dikenali ialah kebiasaan hewan ini yang menyusui anaknya. Untuk lebih mengenali anggota dalam hewan mamalia inilah ciri-ciri hewan mamalia:

1. Hewan mamalia memiliki kelenjar susu oleh karenanya anggota hewan ini dapat menyusui anaknya

2. Sebagian besar hewan mamalia ditutupi oleh rambut baik di seluruh tubuhnya atau sebagian dari tubuhnya, pada jaringan kulitnya telah dilengkapi dengan kelenjar keringat dan kelenjar lemak.

3. Telah memiliki otot-otot diafragma

4. Memiliki anggota tubuh yang telah lengkap terdiri dari kepala, leher, badan dan ekor

5. Bernafas menggunakan paru-paru

6. Telah memiliki jantung sempurna dengan jumlah sekat sebanyak 4

7. System saraf pada otaknya telah berkembang lebih spesifik dan anggota tubuhnya telah berkembang dengan sempurna

8. Berkembang biak dengan cara melahirkan

Ciri ciri hewan mamalia 

Contoh hewan mamalia

Contoh hewan mamalia banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari kita. Binatang itu memiliki sifat yang dekat dengan anak-anaknya. Ciri hewan mamalia memang hidup secara berkelompok dengan induk dan pasangannya. Oleh karena itu tak heran beberapa anggota hewan mamalia yang tergabung ke dalam satu ordo hidup dalam lingkungan yang sama. Misalnya kerabat dekat domba yang meliputi sapi, rusa, kerbau, kambing, jerapah dan banteng.

Selain itu terdapat hewan mamalia yang terkenal lainnya seperti gajah, paus, dan lumba-lumba. Contoh hewan mamalia yang memiliki ukuran tubuh kecil juga terdapat beberapa macam seperti tikus, mencit, marmot, hamster, bajing dan kapibara. Banyaknya jenis hewan mamalia membuat spesies dalam mamalia cukup banyak. Kelinsi, simpanse, orang utan, duyung dan siamang juga tergolong ke dalam contoh hewan mamalia.

Klasifikasi mamalia

Untuk mempermudah dalam memperlajari anggota hewan mamalia, maka mamalia terbagi menjadi 4 ordo yakni ordo marsupialia yang merupakan hewan berkantung, Chiroptera yang merupakan hewan mamalia yang dapat terbang, carnivore merupakan mamalia yang memakan daging dan primate yang telah memiliki bentuk mata simetris kedepan. Inilah ordo dalam hewan mamalia :

1. Ordo Marsupialia

Ordo Marsupialia ialah anggota hewan Kelas Mamalia yang memiliki kantung (berkantung), kantung tersebut biasanya dimiliki oleh hewan mamalia betina. Ciri-ciri mamalia dari Ordo marsupialia ialah berkantung yang berfungsi untuk menjaga anak dan menghangatkan tubuhnya. Contoh Ordo Marsupialia adalah kanguru yang hidup di Australia (Macropus sp.)

2. Ordo Chiroptera

Ordo ini merupakan jenis mamalia yang dapat terbang. Di Indonesia ordo ini terkenal dengan hewan kelelawar yang beraktivitas di malam hari. Ordo ini hidup secara berkelompok dalam sarang dan memakan serangga.

3. Ordo Karnivora

Karnovora merupakan jenis mamalia yang memakan daging. Anggota ordo ini cukup luas meliputi anggota hewan berukuran kecil dan berukuran besar. Ciri-ciri mamalia yang paling menonjol dalam ordo ini ialah memiliki cakar dan gigi taring untuk mengoyak makananya. Contoh karnovora yang sangat mudah dijumpai ialah tikus, kucing, dan anjing.

4. Ordo Primata

Ordo primate merupakan anggota yang disebut sebagai istimewa karena telah memiliki bentuk mata yang stereoskopik menghadap ke depan. Contoh ordo ini sangat mudah kita dijumpai seperti monyet, orang utan, dan kera.

Artikel Sebelumnya

Reproduksi Virus

Protista Mirip Tumbuhan

Respirasi Aerob