Tahukah Anda Bagaimana Reproduksi virus ?

Reproduksi virus - Virus merupakan makhluk peralihan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Hal ini dikarenakan virus memiliki ciri makhluk tak hidup (dapat dikristalkan) dan ciri makhluk hidup (dapat bereproduksi). Reproduksi virus memiliki dua cara yang semuanya dilakukan di dalam sel inangnya. Sel inang merupakan sel yang dijadikan media hidup oleh organisme lain. Virus bukanlah suatu sel yang tersusun dari organel yang lengkap, sehingga untuk melakukan reproduksi memerlukan organel sel inang dalam membuat bagian-bagian tubuh virus.
Dalam dunia keilmuan, virus bereproduksi dengan dua cara, yaitu litik dan lisogenik. Kedua cara ini dilakukan oleh virus karena perbedaan kondisi lingkungan. Perbedaan dari dua cara reproduksi pada virus ini adalah pada pemafaatan DNA inang.
Reproduksi virus
Pada cara litik, DNA inang dihancurkan dan kemudian DNA virus dibentuk dan direplikasi menggunakan semua enzim dan berbagai organel lain yang dimiliki oleh inangnya. Kemudian semua mesin metabolism sel inang diambil alih untuk menghasilkan protein yang akan dirancang menjadi virus-virus baru. Reproduksi virus dengan cara ini diakhiri dengan pecahnya sel inang dan virus-virus baru dikeluarkan. Kemudian cara ini disebut dengan daur litik.
Sedangkan pada cara lisogenik, terjadi penggabungan DNA virus dengan DNA sel inang. Penggabungan ini dimaksudkan agar DNA virus dapat mengikuti pembelahan sel menjadi semakin banyak. Semua aktivitas DNA sel inang diikuti oleh DNA virus. Namun pada suatu ketika jika keadaan memungkinkan, DNA virus akan melepaskan diri dari DNA sel inangnya kemudian masuk ke dalam cara litik.
Cara reproduksi virus dengan lisogenik ini sangat sering dijumpai pada saat keadaan virus tidak memungkinkan untuk cepat melepaskan diri dari sel inang. Sebenarnya kedua cara ini dapat ditemui pada satu sel inang. Pada dasarnya cara lisogenik adalah salah satu bagian atau cara sebelum sel inang pecah (litik). Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap cara reproduksi yang akan dipilih oleh virus. Cara virus bereproduksi sangat mudah diamati pada virus bachteriofage, dimana virus ini hanya menjadikan bakteri sebagai inangnya.
Artikel terkait selanjutnya