Berlangganan

Penjelasan tentang Jaringan Meristem pada Tumbuhan

Jaringan Meristem Pada tumbuhan - Banyak bagian yang bisa kita teliti dari sebuah tumbuhan. Bagaimana tumbuhan bisa berkembang tentu saja merupakan proses panjang dan bisa kita pahami. Tumbuhan terdiri dari beberapa bagian dan juga jaringan. Salah satu jaringan yang ada di dalam tumbuhan adalah jaringan meristem. Apa itu jaringan meristem pada tumbuhan? Anda bisa mendapatkan penjelasannya di sini.

jaringan meristem pada tumbuhan

Jaringan meristem pada tumbuhan adalah jaringan muda yang ada dalam tumbuhan dan terdiri dari sekelompok sel tumbuhan yang sangat aktif membelah. Sel yang ada di dalam jaringan ini sangat spesifik dan mempunyai ciri ukurannya sangat kecil dan berdinding tipis. Ukuran nucleus pada sel biasanya besar dan vakuolanya kecil. Sel juga mengandung banyak sitoplasma dan bentuk sitoplasma adalah kubus.

Sel-sel pada jaringan meristem ini akan selalu membelah dan membentuk sel yang baru. Sel yang terus membelah dan berada di dalam jaringan meristem pada tumbuhan akan disebut sebagai sel inisial atau sel permulaan. Sedangkan sel yang membelah dan digantikan tempatnya akan disebut derivative atau sel turunan. Jaringan meristem ini sendiri dibagi lagi menjadi beberapa tipe yaitu meristem sekunder, meristem primer dan juga promeristem. Jika dibedaan menurut letaknya maka kita akan mendapati tipe meristem apikal dan juga meristem interkalar. Kini anda telah lebih tahu tentang sel-sel yang membentuk jaringan di tumbuhan. Selain jaringan meristem tentu saja masih ada banyak jaringan yang ada di tumbuhan.

Artikel terkait

Fungsi dinding sel

Bagian sel tumbuhan dan fungsinya