Inilah beberapa protista mirip jamur

Protista mirip jamur - Protista merupakan sekelompok makhluk hidup yang kerajaannya sudah tak lagi dipertahankan. Meskipun demikian, istilah protista masih kerap kali digunakan untuk kajian semua organism eukarotik, baik yang bersel satu maupun bersel banyak. Protista hidup di lingkungan yang mengandung air, dan sebagian bersifat parasit. Meskipun berbeda dari tumbuhan, jamur, maupun binatang, protista memiliki ciri morfologi dan fisiologi yang sama dengan ketiganya. Karena itulah, protista dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar: algae, protozoa¸dan protista mirip jamur.

Protista mirip jamur merupakan salah satu kelompok besar protista. Disebut menyerupai jamur karena mereka sama-sama memproduksi spora. Bahkan proses reproduksi pada beberapa jenis protista mirip jamur ini, jamur lendir misalnya, pun hampir sama. Namun, tetap saja mereka tak bisa dikelompokkan ke dalam kingdom fungi fase aseksualnya yang lebih mirip amoeba dan struktur molekulnya yang menyerupai ganggang. Dua contoh protista mirip jaur yang sering dibicarakan ialah Mycomycota atau yang lebih dikenal dengan nama jamur lendir dan Oomycota  atau jamur air.

Protista Mirip jamur

Jamur lendir yang bentuk tubuhnya seperti lendir ini disebut menyerupai jamur karena cara berkembangbiak seksualnya yang sama dengan jamur, meskipun pada fase vegetative lebih mirip dengan amoeba. Seperti halnya dengan jamur, plasmodium jamur lendir ini akan membentuk kota spora pada tingkat dewasa. Setelah matang, kotak spora tersebut akan pecah dan mengeluarkan spora. Namun spora yang berkecambah akan membentuk sel gamet, seperti yang dilakukan amoeba, dan akan melebur menjadi dua gamet yang akan menghasilkan zigot. Protista jenis ini seringkali dijumpai di hutan-hutan basah, tanah lembab dan batang kayu yang membusuk.

Jenis protista menyerupai jamur yang kedua ialah jamur air. Meskipun menghasilkan spora, jamur air ini tidaklah masuk dalam kingdom jamur, melainkan protista mirip jamur. Hal ini dikarenakan struktur jamur air ini mirip dengan algae meski tidak berklorofil. Protista yang banyak hidup di air dan tempat-tempat lembab ini menyerupai mempunyai zoospora yang berfungsi sebagai penghasil spora. spora yang dihasilkan tersebut akan tumbuh menjadi hifa baru pada kondisi tertentu. Sementara untuk reproduksi seksualnya, jamur ini menghasilkan zigot.

Artikel berguna lainnya

perbedaan otot polos otot lurik dan otot jantung

klasifikasi padi

mekanisme kontraksi otot