Berlangganan

Fungsi Mitokondria Sebagai Organel Sel

Fungsi mitokondria sangat diperlukan oleh sel untuk menstabilkan kinerja sel itu sendiri. Ya, beberapa pakar dibidangnya telah menyatakan jika mitondria inilah yang akan membuat sel bekerja secara maksimal, kenapa? Lihat ulasannya berikut.

Fungsi mitokondria

Kami mulai dengan apa sih mitokondria itu? mitokondria merupakan salah satu organel terbesar di dalam sebuah sel. Mitokondria ini sangatlah berperan dalam menjalankan tugasnya dimana kestabilan fungsi dari mitokondria ini menentukan segalanya. Maksudnya, segala aktifitas yang dilakukan sel seperti siklus sel, sangat bergantung pada fungsi mitokondria ini.

Lalu apa fungsi utamanya? Fungsi utama dari organel ini adalah untuk repsirasi. Respirasi merupakan salah satu ciri dimana makhluk hidup dapat melangsungkan kehidupan. Sama halnya dengan sel yang merupakan salah satu benda hidup dan mengalami siklus yang nantinya juga akan menurunkan beberapa sel yang identik.

Nah, di dalam respirasi itu, sel dapat menjalankan semua aktifitasnya karena apa yang dibutuhkan oleh sel seperti energy telah disediakan oleh mitokondria ini. Ya, dalam proses respirasi ini, mitokondria mengambil zat-zat dan diubah menjadi energy yang dibutuhkan oleh bagian sel lainnya. Oleh karenanya, mitokondria juga bisa disebut juga dengan organel energy.

Dalam respirasi tersebut, ada beberapa tahapan dimana energy akan dilepaskan dan menjadi salah satu faktor terpenting untuk kelangsungan sel. Tahapan-tahapannya berupa glikolisis (memisahkan gula), siklus asam sitrat, serta trasnportasi elektron.

Nah, jadi kesimpulannya adalah kestabilan dan kelangsungan hidup dari sel bergantung pada fungsi mitokondria yaitu respirasi.

Artikel terkait

Komponen Kimiawi Sel

Struktur Sel manusia