Apa itu Penyakit Tonsillitis?

Penyakit Tonsilitis - Pernahkan anda mendengar tentang penyakit tonsillitis? Mungkin anda tak tahu istilah ini namun anda tahu nama lain dari penyakit ini. Ini adalah sebutan bagi penyakit radang amandel. Penyakit ini merupakan reaksi peradangan yang terjadi pada daerah tonsil atau amandel. Tonsil sendiri mempunyai peran sebagai pengatur sistem imum dan melindungi tubuh dari beragam infeksi yang bisa saja masuk melalui mulut kita. Ketika banyak sekali bakteri yang masuk dalam mulut kita maka kita akan mengalami infeksi dan peradangan yang kemudian disebut sebagai tonsillitis.

  Penyakit tonsilitis

Lalu apa sebenarnya penyebab dari penyakit tonsillitis? Seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab utamanya sebenarnya adalah bakteri atau virus. Virus yang dimaksud biasanya adalah virus influenza atau bisa juga disebabkan oleh bakteri streptokokus. Penyakit ini sendiri sering kali menyerang anak-anak dan bisa berulang terutama di musim panca roba. Selain harus tau tentang penyebab penyakit ini, ada baiknya anda tahu juga gejala dari penyakit ini sehingga anda bisa melakukan lankah pengobatan dini.

Penyakit ini mempunyai gejala seperti tonsil atau amandel yang terlihat membengkak dan merah. Selain itu ada juga lapisan dan bercak putih yang anda lihat pada tonsil. Gejala yang sangat bisa dirasakan dengan cepat adalah rasa sakit pada tenggorokan saat anda menelan atau berbicara. Demam, sakit kepala, nyeri perut, dan lain sebagainya juga bisa menjadi gejala penyakit tonsillitis.

Artikel menarik lainnya

Ciri ciri demam berdarah

Ciri ciri usus buntu

Ciri ciri penyakit jantung