Apa itu Jaringan Ikat Longgar dan Fungsinya?

Jaringan Ikat longgar - Jaringan ikat longgar adalah salah satu bagian dari jaringan ikat. Jaringan ikat sendiri adalah jaringan yang mempunyai fungsi sebagai penyokong, penghubung dan juga pengikat antara satu jaringan dengan jaringan yang lainnya. Jaringan ini umumnya tak nampak di permukaan luar tubuh. Dibagian jaringan ikat ini banyak terdapat pembuluh darah kecuali jaringan ikat yang ada di tulang rawan. Banyaknya sel yang ada di jaringan ikat menyebar dan lebih jarang jika dibandingkan dengan sel yang ada pada jaringan sel lainnya.

Jaringan Ikat Longgar

Jaringan ikat ini terdiri dari serabut elastin, serabut retikuler, dan serabut kolagen. Serabut kolagen ini mempunyai daya renggang yang tinggi dan elastisitas rendah. Seperti yang telah dikatakan di atas, jaringan ikat longgar ini adalah salah satu jenis jaringan ikat selain jaringan lemak, jaringan tulang rawan, jaringan darah, jaringan ikat padat dan jaringan lainnya. Lalu apa yang dimaksud dengan jenis jaringan ikat yang longgar?

Jaringan ikat longgar ini adalah jaringan ikat yang paling banyak ditemukan dan tersebar di bagian tubuh hewan-hewan jenis vertebrata. Jaringan ini akan mengikat jaringan bawah organ dan jaringan epitel untuk melindungi organ dalam tubuh. Jaringan ini juga mempunyai banyak fungsi. Fungsi jaringan ini diantaranya adalah penyimpan glukosa, penyimpanan air, penyimpanan garam dan lain sebagainya. Jaringan ini tentu saja akan bekerja sama dan membentuk kesatuan dengan jaringan-jaringan lainnya yang sudah disebut di atas.

Artikel yang mirip

Struktur Sel Manusia

Bagian - bagian Sel Hewan