Berlangganan

Struktur Sel Bakteri Yang Spesifik

Struktur sel bakteri merupakan salah kumpulan-kumpulan komponen terkecil yang membangun menjadi sebuah sel. Dan, dari bakteri yang dikategorikan sebagai makhluk terkecil juga memiliki struktur juga, dan tentu saja menarik untuk dibahas apa saja struktur pembentuk dari bakteri tersebut.

Struktur sel bakteri

Ya, struktur sel bakteri dibagi menjadi dua yaitu struktur dasar dan struktur tambahan. Struktur dasar adalah struktur yang dimiliki oleh setia bakteri, namun ada juga yang memiliki sturktur tambahan lain.

Diantara struktur dasar yang dimiliki oleh stiap bakteri adalah dinding sel, membran sel, sitoplasma, ribosom, dan DNA, serta granula penyimpanan. Lain halnya dengan bakteri khusus bakteri ini memiliki tambahan struktur yaitu kapsul, flagellum, pilus, fimbria, klorosom, serta vakuola gas, dan endospora.

struktur sel bakteri

Kapsul pada bakteri khusus merupakan lapisan di dinding luarnya bakteri dan biasanya tebal, namun ketika lapisan dinding tadi tipis, maka hal tersebut disebut dengan lapisan lendir.

Sedangkan flagellum adalah merupakan alat gerak dari bakteri dimana bentuknya menyerupai cambuk yang memanjang dari dinding sel. Hal ini hampir sama dengan pilus dan fimbria yang pada dasarnya hampir serupa namun berbeda pada ukuran panjangnya yaitu lebih pendek untuk pilus, dan jika disbanding dengan fimbria, maka fimbrialah yang lebih pendek.

Sedangkan klorosom adalah struktur yang membawa pigmen. Selain itu, ada juga vakuola dasar dan hanya dimiliki oleh bakteri yang mampu hidup di air dan berfotosintesis. Sedangkan yang terakhir adalah endospora yang fungsinya adalhs ebagai tempat istirahat dari berbagai bakteri gram positif.

Demikianlah ulasan singkat dari struktur sel bakteri pada umumnya dan lebih spesifik lagi dengan sturktur tambahan seperti flagella, dll.