Berlangganan

Reproduksi Sel Untuk Memperbanyak Diri

Reproduksi sel merupakan awal baru untuk sel dalam menggandakan diri. Maksudnya adalah sel akan memperbanyak diri dengan cara pembelahan dimana setiap sel akan memiliki materi genetik yang sama.

image

Reproduksi Sel

Ada dua tipe pembelahan sel, hal ini tentunya mengacu pada jenis sel itu sendiri. Yang pertama adalah pembelahan yang sifatnya adalah untuk memperbanyak diri agar tidak terjadi kepunahan (makhluk hidup uniseluler). Dan yang kedua adalah pembelahan sel yang akan menjadi faktor penting dalam pertumbuhan dari makhluk hidup, bahkan mampu untuk memperbaiki atau meregenerasi sel yang telah rusak (makhluk hidup multiseluler).

Nah, dari proses pembelahan tadi, ada dua kategri lagi dari proses pembelahan tadi. ada yang membelah diri secara langsung (amitosis) dan ada juga yang membelah diri secara tidka langsung.

Jenis pembelahan langsung ini merupakan salah satu upaya untuk memperbanyak diri, namun tidak melalui peristiwa pembentukan glendong, pembelahan, peleburan inti, dan penampilan kromosom. Jenis pembelahan ini biasanya dilakukan oleh makhluk hidup uniseluler seperti bakteri.

Sedangkan pembelahan yang tidak langsung adalah sejenis pembelahan yang intinya adalah kebalikan dari pembelahan langsung, yakni melalui pemebentukan glendong, peleburan dan lain-lain. Dan jenis pembelahan sel ini khusus untuk sel eukariotik yang akan berfungsi penuh dalam memajukan pertumbuhan dari makhluk hidup tersebut.

Nah, cukup singkat dan jelas kan? Itulah penjelasan tentang reproduksi sel atau yang biasa kalian kenali dengan pembelahan sel.