Perbedaan otot polos, otot lurik dan otot jantung

Perbedaan otot polos, otot lurik dan otot jantung dapat dilihat dari ciri – ciri penyusunnya, berdasarkan letaknya dan berdasarkan bentuk selnya.Ketiak jenis otot ini memiliki karakteristis yang sangat berbeda walaupun sepintas terlihat sama. Nah apa saja Perbedaan otot polos, otot lurik dan otot jantung?
Ciri ciri Otot polos
Ciri ciri otot polos apabila diamati di bawah mikroskop maka bentuknya akan terlihat polos, memiliki inti 1 di tengah - tengah.Sementara itu serabut - serabut ototnya tidak beraturan dan tidak berlurik.  Ketika bekerja gerakannya cukup lambat tetapi dapat bekerja dalam waktu yang lama. Sedangkan kerja saraf di otot ini yakni secara otonom, Gerakannya saat tidak berkontraksi tidak sadar atau tidak disadari oleh manusia tersebut, 
Ciri – ciri otot polos yaitu terletak di area bagian dalam organ – organ tubuh manusia seperti di usus, lambung,dan tempat lainnya. Dari kekuatannya otot ini tidak cepat mengalami kelelahan dan juga tidak dapat dirasakan gerakannya. Dari cara kerjanya juga cukup lambat dan sel – selnya apabila diamati di bawah mikroskop akan tampak serabut – serabut (fibril) yang terlihat homogen sehingga tampak polos.
Perbedaan otot polos, otot lurik dan otot jantung
Ciri ciri otot lurik

Otot lurik sering kali disebut otot rangka karena letaknya yang melekat pada bagian rangka manusia seperti rangka kaki dan tangan. Ciri – ciri otot lurik adalah kontraksinya diatur oleh kehendak kita atau bergerak secara sadar, sedangkan kemampuan geraknya cepat tetapi cepat juga mengalami kelelahan. Bila selnya diamati di bawah mikroskop maka akan tampak serabut yang bentuknya beraturan dan berlurik. kerja saraf pada otot lurik bersifat somatik.
Sedangkan bentuk selnya panjang dan terdapat banyak inti sel di sekitar tepinya.

Ciri ciri Otot jantung
Disebut otot jantung karena telaknya yang hanya terdapat pada bagian jantung saja. Kerja dari otot ini tidak disadari atau ia dapat berkontraksi tanpa diperintah oleh diri manusia.Selain itu otot ini tidak mudah mengalami kelelahan dan akan senantiasa selalu berkontraksi dan berelaksasi selama manusia masih hidup. Bila diamati di bawah mikroskop maka selnya akan tampak bercabang dan berhubungan satu dengan yang lainnya. Adapun inti selnya terdapat 1 di tengah - tengah sel. Sedangkan serabut ototnya beraturan dan berlurik. Kerja saraf pada sel otot jantung adalah otonom.
Itulah Perbedaan otot polos, otot lurik dan otot jantung .