Berlangganan

Mendefinisikan Sel Eukariotik

Sel eukariotik adalah sejenis sel yang bila berkumpul akan menjadi organisme yang biasa kalian lihat sehari-hari. Apa ya? Ya, benar saja, kalian adalah salah satu organism atau makhluk hidup yang memiliki sel ini. Lalu apa definisi dari sel jenis ini?

Singkat kata, kalian bisa mudah untuk mengingatnya yaitu jenis sel yang memiliki inti sel. Yang dengan inti sel ini, proses penduplikatan DNAnya melalui empat fase tahapan, seperti mitosis, sintesis, G1 dan G2. Jelas sangat berbeda sekali dengan sel prokariotik yang tidak memiliki inti.

Sel eukariotik

Kemudian apa saja yang membentuk sel eukariotik ini? Strukturnya cukup rumit, namun bisa kalian ingat dengan mudah kok. Struktur pembentuk dari sel jenis ini adalah membran plasma (membran sel), sitoplasma, nukleus, ribosom serta organel-organel sel seperti mitokondria, badan golgi, lisosom, retikulum endoplasma, serta vesikel.

Sedangkan untuk tumbuhan ada tambahan struktur seperti vakuola, kloroplas, dinding sel yang asalnya terbuat dari selulosa. Lain halnya untuk hewan, struktur tambahannya adalah sentriol. Nah, adakalanya yang memiliki flagella dan bulu mata yang pada umumnya dimiliki oleh sel protistan serta beberapa jenis hewan.

Nah, semua struktur tadi memainkan fungsinya untuk menunjang terjadinya aktifitas yang sempurna seperti dalam proses pembelahan, atau juga proses penduplikatan DNA yang biasa kalian sebut dengan siklus sel.

Demikianlah ulasan super singkat mengenai sel eukariotik dan semoga bermanfaat bagi kalian dalam menambah wawasan tentang sel eukariotik.