Berlangganan

Komponen kimiawi sel

Komponen kimiawi sel - Komponen kimiawi sel meliputi dua hal yaitu komponen organik serta komponen anorganik. Kedua komponen tadi memiliki penjelasan berbeda yaitu komponen organik asal mulanya dari benda-benda hidup sedangkan komponen anorganik merupakan salah satu komponen yang berasal dari alam.

Dari komponen-komponen tadi tubuh dapat melakukan metabolisme dengan baik, juga mampu melakukan fungsi-fungsi lain karena pada dasarnya semua komponen tadi selalu berkaitan satu sama lainnya. Nah, berikut adalah komponen kimiawi sel yang ada di dalam tubuh.

Komponen kimiawi sel

Komponen-komponen yang ada di dalam tubuh antara lain air, gas dan garam mineral. Kompenen ini merupakan bagian dari kategori komponen anorganik yang berasal dari alam. Sedangkan komponen lainnya adalah karbohidrat, lemak, protein, asam nuklet yang bisa didapatkan dari makhluk hidup.

Dari berbagai komponen diatas, semuanya saling bergantung sehingga menjadi satu kesatuan yang harus tetap dijaga. Contohnya fungsi air adalah untuk mengataur distribusi dari nutrisi ke seluruh tubuh yang pada dasarnya nutrisi bisa berupa karbohidrat atau protein tadi. Selain itu, air juga mampu menjaga kestabilan dalam mengatur suhu badan.

Contoh lain dari komponen organik adalah oksigen (O2), oksigen difungsikan sebagai alat untuk mengoksidasi zat-zat makanan sehingga mamapu menghasilkan energy. Selain itu manfaat dari komponen organik lainnya yaitu garam dan mineral adalah untuk mengatur dan menjaga keseimbangan energi.

Demikianlah ulasan singkat tentang komponen kimiawi sel di dalam tubuh makhluk hidup yang intinya saling berkaitan satu sama lainnya.