Berlangganan

Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya

Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya – Bagian – bagian sel tumbuhan selalu berperan penting dalam menjaga kondisi dan menjalankan fungsinya. Beberapa organel yang membentuknya tentunya berbeda dengan yang dimiliki oleh hewan. Nah, untuk lebih jelasnya mari kami tunjukkan bagian-bagiannya di bawah ini.

Bagian sel tumbuhan dan fungsinya

1. Nukleus (inti sel)

Nukleus merupakan salah satu pusat utama sel dimana fungsi dari nukleus ini adalah untuk mengkoordinasikan proses metabolisme yang ada di dalam sel.

2. Kloroplas (plastida)

Plastida adalah bagian dari organel sel pada tumbuhan yang membawa pigmen. Dan, pigmen ini ada pada kloroplas itu sendiri sehingga dengan itu tumbuhan mampu melakukan fotosintesis dengan sempurna.

3. Ribosom

Ribosom inilah yang menjadi tempat untuk sintesis protein, dan organel sel ini terdiri dari protein dan asam ribonukleat (40 dan 60%).

4. Mitokondria

Gunanya adalah untuk memecah karbohidrats kompleks dan gula sehingga bisa dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri.

5. Badan golgi

Fungsinya dalah untuk mengangkut zat kimia dari dan keluar dari sel setelah lemak dan protein disintesis ole retikulum endoplasma.

6. Retikulum endoplasma

Fungsi utama dari organel sel ini adalah sebagai jalur penghubung antara inti dan sitoplasma dalam tumbuhan.

7. Vakuola

Fungsinya dalah untuk mengatur tekanan turgor, serta menyimpan banyak zat kimia, bahkan membantu pencernaan intraselular molekul kompleks.

8. Peroksisom

Fungsinya adalah memecah asam lemak menjadi gula, serta membantu kloroplas dalam proses fotorespirasi.

Demikianlah bagian-bagian penting dalam sel tumbuhan. Kalian bisa mencermati bagian sel tumbuhan dan fungsinya sebagai perbandingan dengan organel sel pada makhluk hidup lainnya.